Home

Senin, 07 Oktober 2013

Operasi (lagi) Gamma Knife



Setelah ditimbang-timbang, juga pengalaman waktu kraniotomi 19-1-2012, selain itu udah ada kesempatan, akhirnya diputuskan untuk operasi lagi dengan 'Gamma Knife', saya rasa kalau bukan sekarang, kapan lagi,

Sabtu 14 September 2013 ketemu dokter, rencana mau mengangkat sisa meningioma dengan Gamma Knife.

Tentuin tanggalnya, pengen tau operasi dengan Gamma Knife itu apa, gimana prosesnya, apa bedanya dengan proses sinar yang lain, berapa amannya.

Semua ditanyain sampai yakin kalau saya mau menjalani operasi seperti itu.

Kembali pilih-pilih tanggal, kalau pilih-pilih tanggal yang dulu untuk kraniotomi, sekarang pilih tanggal buat operasi dengan Gamma Knife.

2012 jadi pasien kraniotomi, 2013 pasien Gamma Knife :D

Jadi saya bolehlah dianggap sebagai pelanggan lama :)

Tanggal yang dipilih kembali tanggal 19, tapi sekarang 19 september.


Kamis 19 september 2013

 Kemarin dari Bandung langsung ke Rumah Sakit, cari kamar, di kamar ambil darah lagi. Sama-sama operasi, tapi prosedurnya nggak seribet operasi terbuka.


Kostum di 'Gamma Knife Center Indonesia'




Hari ini mulai proses operasi dengan Gamma Knife, mulai jam 8 pagi. Mandi+keramas pakai sabun antiseptik lagi.

Sebelum operasi dengan Gamma Knife saya udah minta, supaya saat proses MRI saya tidur aja.

MRI biasa aja kadang bikin senewen, apalagi kalau MRI pake besi-besi dikepala.

Membayangkan proses yang tidak menyenangkan, amannya tidur aja. Biar nggak mikir macem-macem.

Jam 8 sudah diantar ke ruang Gamma Knife, persiapan pasang helm. Sebelumnya disuntik di 4 titik tempat baut dipasang. Dibikin baal.

Rasanya memakai helm tidak se mengerikan yang dibayangkan. Nggak sakit, ya sakitnya pas waktu disuntik aja, biasalah.

Di baut nggak sakit. Cuma aneh, kepala kok bisa dibaut, berasa robot.


Lagi mau pasang besi dikepala


Kepala kok di 'sekrup', Cukup dalem ternyata, tapi gak sakit kok :)


Besi terpasang, sekarang MRI.

MRI dengan besi kepasang dikepala ternyata nggak masalah kok, cuma ngepasin di alatnya aja yang kayaknya agak ribet, ikut ajalah.

Siap buat MRI


Soalnya kalau dalam posisi tidur nggak bisa ngapa-ngapain. Semua harus dibantu.



Di ukur-ukur kepalanya :)

Dicatet-catet


MRI selesai, saat dokter baca hasil MRI, kepala diukur-ukur lagi, nggak tau buat apa juga :).

Berasa lama sih nunggu mau disinar.

Dan makan coklat bisa mengusir rasa bosennnn. Sipp lah

Akhirnya masuk juga keruang operasi dengan Gamma Knife, semua posisi dibikin pas, rasanya udah nggak jelas.


Posisi siap. Kepala mungkin udah nggak bisa gerak.


Siap-siap ditinggal sendiri di ruangan


Ditanya posisi paling nyamanpun saya udah nggak tau. Kepala udah ke kunci, hanya badan yang bisa naik turun, ganjel sana- ganjel sini.

Proses tembak selama 66 menit. Ditinggal sendirian diruangan, nggak bisa ngapa-ngapain.



Siap-siap 'di tembak'


Bismillaah, semoga lancar, bisa nahan diri untuk nggak terlalu cerewet, nggak banyak protes. Karena udah berasa capek.

Masuk ke alat, cuma sampai bahu aja, rasanya jauh lebih nyaman dibandingkan MRI yang berisik.



Alhamdulillaah, selesai


Kayaknya sempet ketiduran juga. Selesai disinar rasanya pusing-pusing dikit, keleyengan dikit, kayaknya suntikan baal udah mulai berkurang, udah mulai berasa sakit, pengen cepet-cepet dilepas besi dikepala.

Sebelum memutuskan untuk operasi dengan Gamma Knife, saya membayangkan kalau proses operasi dengan Gamma Knife ini agak mengerikan, karena ada tambahan besi dikepala yang harus dibawa-bawa tapi ternyata, semua proses tidak semengerikan yang saya bayangkan, biasa aja.

Terimakasih Ayah, buat semua dukungannya


Waktu lagi ngelepasin baut-baut dan helm dari kepala sih biasa juga. Tapi saat semua udah lepas, sakit kepala nggak bisa ditahan, rasanya sangat sakit.

Sore hari dapat obat nyeri yang disuntik. Sakit udah jauh berkurang,

Bisa tidur, biar bisa pulang besok.

110 komentar:

  1. Fera hebat!!!
    Ini yg waktu di Siloam Karawaci kemaren?
    Katanya cuma periksa aja.. tau gitu gua nengok dah..

    Salam salut!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa, tp dilanjutkan operasi.
      Makasih Zano

      Hapus
    2. empat jempol!
      empat jempol juga buat ardan!

      Hapus
    3. Boleh saya tahu perkembangannya selepas menjalani gamma-knife? Tumornya sudah mati atau bagaimana? Suami saya menjalani gamma knife di malaysia tahun 2016. Boleh saya tahu, semasa menjalani gamma knife, puan pernah operation membuang tumor? Tumor yg puan hadapi berapa ya ukurannya. Mohon sangat diberi maklum balas. Terima kasih.

      Hapus
    4. Tahun 2013 saya menjalani gamma knife ukuran tumor saat itu 1.2cc
      Tiap tahun saya kontrol dan tumor mengecil
      Kontrol terakhir tahun 2017 tumor tinggsl 0.2cc

      Hapus
  2. Mba Fera, salam kenal..
    apa ada efek samping dr gamma knife ini mba? lalu tumornya uda bersih mba?
    thanks sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga :)
      Sy kurang tau ada apa nggak efek samping, krn sy ngerasa biasa aja. Sakit kepala juga kadang2 masih kerasa kalo agak capek.
      Bulan ini pas 6bulan, harusnya sy kontrol, tp mau ditunda dulu deh. Mungkin juli atau sekalian september aja, biar pas setahun.
      Sama2 mbak

      Hapus
    2. Mbak Richellealycia, saya udah periksa lagi nih, dan tumornya sudah berkurang sedikit, dari 1cm jadi 0.9cm.

      Semoga periksa berikutnya bisa hilang semua.

      Hapus
  3. Hallo mba fera,

    salam kenal yah... kebetulan mamah saya baru 1 bulan kemaren terdeteksi ada meningioma dengan ukuran 3-4 cm. dokter menyarankan untuk operasi akan tetapi kondisi jantung mamah tidak mendukung dikarenakan waktu yg bersamaan mamah terkena serangan jantung dan hipertensi.

    boleh minta nomor telp atau email gak mba? saya butuh banget info selengkap nya tentang meningioma dan pengobatannya..



    regards,

    Novii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbak novi

      email sy f3radewi@gmail.com

      Hapus
  4. Salam kenal Mbak Fera,

    Boleh minta info mbak ?

    Kalau boleh yau, berpa ya biayanya? Dan apakah Gamma Knife ini cukup dilakukan sekali atau bisa lebih dari sekali ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga.
      Waktu itu biayanya 120 udh dgn kamar perawatan 2 malam.

      Setau sy sekali aja deh, tp untuk yg ukurannya dibawah 3cm. Kalau lebih sy kurang tau ya.

      Semoga membantu :)

      Hapus
  5. salam kenal mbak fera , pengen sharing nich....., istri saya terdeteksi mingioma di sekitar mata awal gejalanya penglihatannya doble lalu di rmi dan terdapat 1.5 cm miningioma di dekat mata sebelah kanan lalu di sarankan di gamma knife lalu tgl 13 februari 2015 dilakukan tindakan biayanya cukup mahal sekita 12000 usd sekali tembakan. pertanyaanku apakahh ada perubahan besaran dari tumornya itu trus apakah penglihatannya bisa pulih kembali. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mas Iman

      Saya kata dokternya yg kena juga saraf mata, tapi gangguan mata nggak terus2an, nggak lebih dari 5 kali sebelum kraniotomi. Setelah kraniotomi pernahlah 3-4 kali gangguan di mata itu ada,

      Kalau ukuran tumor setelah setahun gamma knife berkurang, kalau saya berkurangnya 0.1 cm,

      Semoga setelah kontrol berikut akan terus berkurang, begitu juga dengan istrinya mas Iman. Aamiin

      Hapus
    2. Mba fera, saya mau tanya brp lama setelah GK mata mba fera normal kembali???? Thx

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Udh lumayan kok mbak meri mata sy, udh hampir g pernah lg ada gangguan.

      Hapus
    5. Luar biasa bener Bu Fera..
      Perjuangan Bu Fera menuju kesembuhan begitu luar biasa..
      Bu Fera,, saya Ivan dari Palembang..
      Saya jg nanti mw konsultasi sama Prof. Dr. Eka di bulan november nanti..
      Saya mw tanya sama Bu Fera.. Ibu khan konsultasi dulu sama dokter di siloam,, begitu diputuskan hrus operasi Sinar Gamma, itu wktu nya brapa lama ya Bu stelah konsultasi..? Apakah 1 mggu stelahnya..? Atau dll..?
      Brapa lama ya Bu Fera proses nya..?
      Terima kasihh banyak yaa Bu Fera..

      Hapus
    6. waktu sy g sampe seminggu kok. tgl 14 sept konsultasi, trus tgl 19 sept operasinya.

      dicoba aja dulu. semoga ivan bisa cepet ya. soalnya lumayan jauh ya.

      sama2....

      Hapus
    7. Salam kenal Mas Iman...
      saya mau tanya bagaimana keadaan penglihatan istri Mas Iman skrg pasca gammaknife??? Thx

      Hapus
  6. salam kenal ba,saya vietha. mertua saya saat ini juga menderita meningioma di antara sudut batang otak dan otak kecilnya.sehingga membuat mata kirinya tertutup sama sekali. saya mau bertanya waktu sebelum melakkukan gamma knife ba konsultasi dengan Dokter siapa?lalu apakah ada kemungkinan gamma knife itu dilakuakan lebih dr 1 kali. karnakan mengingat biaya yg cukup Mahal. dan mengingat usia mertua yg sudah 80 tahun. mhn informasinya ba.dan apakah ba dewi sdh melakukan MRI lagi setelah 1 tahun yg lalu melakukan MRI setelah gamma knife?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak Vietha

      Sy konsultasinya dengan dr Lutfi mbak,

      Kalau sy gamma knife nya hanya sekali, mungkin tergantung kondisi dan ukuran meningiomanya,

      Setelah GK baru kontrol sekali, rencananya mau segera kontrol, tp belum sempat.

      Semoga mertuanya bisa segera pulih mbak Vietha

      Hapus
    2. Halo vietha,apa mertua anda ud terapi gamma knife?

      Hapus
  7. Mb fera salam kenal,ibu saya terkena tumor otak,kasiah sekali saya kalau sampai operasi,di artikel ada gamma knife,mau tanya waktu kepalanya dibaut berarti dibuat rongga kepala?selesai penyinaran gmn penanganan dan pengobatannya mb,g ada efeknya mb dengan adanya rongga di kepala,saya berharab balasan mb fera,karena saya sedih sesedihsedihnya mb :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mbak listi.

      bukan dibuat rongga mbak.

      dibaut itu maksudnya dipasangin 'pin" biar helm besi nya g bergeser. mgkn helm supaya kepala g gerak2. jadi pas penyinaran presisi mbak.

      ibunya mbak listi udh berobat?

      Hapus
  8. Salam kenal mbak
    Ayah saya divonis tumor otak
    Keluarga belum siap untu pilihan operasi
    Saya dari sulawesi selatan
    Saat ini ayah sudah sulit menggerakkan tangan dan kaki sebelah kiri
    Kira2 brpa total biaya yg harus disiapkan untuk proses GK ini mbak?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal jiga mbak jein

      sy operasi dgm Gamma Knife thn 2013. biayanya 12.000 dolar, saat itu seharga 120jt. Sy pakai asuransi.

      Sebaiknya untuk hal2 yg berhibungan dgn gamma knife ditanyakan langsung sj mbak. Sy khawatir salah dan kurang update.

      Hubungi ke +6281288991036 pak elia

      semoga bisa membantu mbak

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. Sy lupa pake asuransi apa.

      Krn asuransi dari kantor suami. Jd sy nggak jngat waktu itu pake asuransi yg mana.

      Krn tiap tahun ganti mbak

      Hapus
  9. Salam knl mbak fera..saya mau tny, apakah mb fera sudah melakukan mri yang kedfua kali?n bagaimana hasilnya?apakah emank hrs menunggu 1thn baru ada efeknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah gamma sudah 2x mri. Hasil teralhir meningioma tinggal separuh. Dari 1.2cc menjadi 0.5cc prosesngya selama 28bulan

      Hapus
    2. Oh,moga cpt hilang ya...papa saya ud mri ct scan hasilnya ad lesi di kepala.mau biopsi,baru bs tau jenisnya.tapi papa saya perna stroke,umur 70lbh,sata takut dia tidak mampu dibiopsi.apakah klo gamma knife juga hrs dibiopsi dulu?

      Hapus
    3. Aamiin. Terimakasih banyak doanya

      Kalau sy sebelum gamma g biopsi. Mgkn memang g perlu.

      Hapus
  10. Oh..makasi yah atas info nya....thx....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama

      Semoga papa nya segera pulih

      Hapus
    2. Bu fera...mau tny lagi nih...saya colek di grup fb lom dibalas...bu fera pk askes di rsu siloam ato rs siloian hospital karawaci?bu fera pk askes apa ya?soalnya katanta gak terima bpjs...saya google katanya rsu siloam yg di sebelahnya baru ada pk bpjs...tp apa dokternya sama?

      Hapus
    3. iya mbak, maaf di grup baru nyautin.

      iya mbak sy pake asuransi kok. kalo bpjs mungkin harus ditanyakan langsung, krn sy juga kurang paham

      Hapus
    4. selamat siang pak,
      kalau boleh saya bantu menjawab tentang BPJS di siloam yah pak, karena kebetulan 1 tahun yang lalu mamah saya mengalami byk sekali cobaan. Kalau untuk semua BPJS di rumah sakit siloam harus datang di RSU nya pak, akan tetapi dokter di RSU sama dnegan dokter di RS siloam dan alat alat yang digunakan pun sama dengan RS siloam nya. hanya saja ruang rawat inap untuk kelas 3 ada diRSU siloam, akan tetapi untuk kelas 1 dan kelas 2 dittaruh di RS siloamnya.

      Untuk pengangan BPJS sendiri menurut saya beda penyakit beda aturan juga pak, mamah saya menggunakan BPJS untukpenyakit jantung nya sebelum operasi cranotomi tahun lalu, beliau harus menjalankan pemasangan ring dan kami pun menggunakan BPJS di kelas1. untuk semua registrasi dll kita lakukan di RSU siloam akan tetapi kamar inap nya dan operasi nya di RS siloam.

      2 bulan setelah pemasangan ring, mmaah saya harus menjalani operasi cranotomi pak, pada saat itu kalau mau menggunakan BPJS ada antriannya sekitar 37 orang kalau tidak salah. dan semua pasien BPJS apapun kelasnya untuk operasi cranotomy di samaratakan di kelas 3 pak. mengingat biaya nya sangat tinggi dan alat yg digunakan sangat bagus disana. sehingga pada saaat itu kami memutuskan untuk biaya sendiri. akan tetapi kami meminta tolong kebijakan dari prof eka untuk mengambil operasi dengan management RSU sehingga sesuai dengan budget kami pak.

      Hapus
    5. Mas ari, salam kenal saya novita. saya boleh minta kontaknya? ada yg ingin saya tanyakan terkait operasi craniotomy. trims

      Hapus
  11. Salam kenal bu Fera.
    Saya Purnomo. Anak saya menjalani operasi AVM dgn gamma knife bln Oktober 2015. Pasca operasi terjadi pembengkakan otak. Salah satu obat yg diberikan dokter adalah dexamethasone. Karena obat ini juga punya efek samping yg cukup berat maka setelah 2 bulan dihentikan. Akibatnya anak saya sakit kepala . Sampai hari ini masih pusing terus
    Sehingga hrs minum neuralgin setiap hari 3 tablet. Sudah konsultasi dg dokter tapi sepertinya tdk ada obatnya selain vitamin. Mohon info apakah bu Fera juga mengalami sakit kepala pasca operasi ? Dan diberi obat apa ? Tks bu atas sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak purnomo.

      Sy kadang2 suka sakit kepala juga, biasanya kalo sakit kepala sy tidur, biasanya dibawa tidur sakitnya hilang. Tp kalau bangun masih sakit baru mimum obat nyeri. Awalnya minum torasic tp skr diganti dgn sumagesic aja.

      Kalau sy kena meningioma pak. Mgkn kalau AVM beda lagi rasanya.

      Hapus
    2. Tks bu Fera sharingnya ....

      Hapus
  12. saya mau tanya bu fera , saya merasa pusing setiap hari , saya belum pernah di periksa ke dokter , apa itu gejala penyakit kanker bu ?
    terus klo diperiksa kira2 biaya nya berapaan bu ? apa abis periksa langsung operasi ?

    BalasHapus
  13. Wah kalo gejala penyakit kanker saya kurang tau ya pak, krn harus periksa k dokter.

    sy pertama ketauan ada tumor waktu periksa k dokter saraf. Disuruh ctscan biayanya aekitar 900ribuan.

    Abjs pwriksa g langsung operasi. Dokternya tetep nunggu kesiapan kita.

    BalasHapus
  14. salam kenal mba ferra kebetulan ayah saya terkena meningioma tetapi memiliki ukuran yg lumayan besar yaitu sebesar 5cm apakah dengan tumor sebesar itu dapat dilakukan prosedur gamma knife? karena dokter ayah saya sekarang bilanh itu tidak akan efektif terimakasih mba siapa tau dapat pencerahan dari sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mas christopher

      setau sy ganma knife untuk tumor ukuran maksumal 3cm. Kl diatas itu kyknya lebih dari sekali.

      Tp untuk jelasnya harus ditanyakan langsung ke dokternya mas.

      Ukursn meningioma sy 1cm jd cyma sekali aja

      Hapus
  15. salam kenal mba,
    share pengalamannya dong, mba klaim asuransi juga ya? pakai asuransi pa mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal jugq mas yudhi.

      Sy pakai asuransi kolektif mas jd bukan asuransi perorangan. asuransinya disediakan dari kantor.
      mungkin klaim nya jadi lebih mudah

      Hapus
    2. asuransinya pakai apa ya mba? itu di klaim sampai brp mba maksimalnya?

      Hapus
    3. sy lupa waktu itu pake apa, krn tiap tahun ganti. kalo nggak reliance mgkn manulife. maksimal 180

      Hapus
    4. nah cocok tuh, adik saya pakai asuransi reliance di tmpt kerjanya tuh, tp biasanya ada batasnya kn klo dr kantor tuh ya?

      Hapus
    5. iya ada, sy waktu itu batasnya 180jt

      adiknya sakiit apa?

      Hapus
    6. tumor otak mba, tp saya belum tahu jenisnya apa. cuma sudah kena juga ke mata jd penglihatan mulai buram mba. mba tolong add akun fb saya ya.

      Hapus
  16. Salam kenal mba Fera, semoga sehat selalu. Yang Saya mau tanyakan apakah rentang 1 tahun dari op.kraniotomi ke GK,,apa mba Fera ada terapi,medikasi yg dijalani ? Kakak saya sudah lakukan kraniotomi 19 sept 2016. Krn didiagnose Accoustic neuroma, sebesar 4x3x2.
    Mohon info nya.
    Salam,
    Teddy

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mas teddy. maaf baru balas.

      abis kraniotomi sy g ada twrapi apa apa mas. pola makan pun masih sepwerti biasa.

      kakakny baru operasi ya berarti. aemoga pemilihannya lancar ya mas. trus kata dokternya sudah bisa twrangkat semua tumornya?

      Hapus
    2. Salam mb' Fera,

      Terima kasih buat doa nya. Kk sekarang masih di ICU (4hari), proses op.kemarin berjalan lancar, dan kondisi skrg respons mata,tangan,kaki normal. Hanya kk saya masih butuh bantuan alat oksigen. ketika ditanyakan ke dokter kapan prediksi u/lepas alat oksigen, mereka tidak bisa beri jawaban. Malahan Team Bedah syaraf (TBS) rekomend u/fisio terapi.

      Memang sebelum op., dikarenakan Accoustic Neuroma kondisi syaraf yg kena dampak adalah di 7 dan 8 (pendengaran dan keseimbangan tubuh), jadi koordinasi fungsi tubuh kk
      terganggu.

      Mengenai op.pengangkatan tumor,TBS Prof E. menyampaikan dari 100% , team sudah 60% . dan 40% nya asumsi saya adalah GK.

      Hal sekarang kita berdoa supaya kk bisa segera keluar dari ruang ICU, mohon supportnya doa nya

      Hapus
    3. oh gitu ya tiao orang pasti beda penanganannya.

      klo sy meningioma, saraf yg kena mata.

      iya, sy doakan aemoga segera bisa pibdah ke ruang perawatan ya kakaaknya. dan bisa segera beraktifitas seperti semula. Aaminn

      Hapus
    4. Aamin, terima kasih mb Fera, tetap saling support.
      :)

      Hapus
    5. Mas Teddy saya boleh minta kontaknya? Saya ingin bertanya mengenai operasi neuro acoustic. Terima Kasih sebelumnya

      Hapus
  17. Anak Saya umur 8 tahun divonis tumour batang otak , left cerebellum dan cervical cord .bisa Sharing minta petunjuk ? Emai clarabellehuang09@yahoo.com

    BalasHapus
  18. Salam Mba fera, sampai sekarang, apakah ad efek kejang (epilepsi) setelah dulu melakukan gamma knife? Tolong info nya mba, krn adik saya seperti itu setelah melakukan gamma knife

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam juga mas ardi.

      Sy sebelum dan sesudah GK alhamdulillaah g ngalamin kejang (epilepsi)

      Mgkn klo seperti itu bisa dikonsultasikan k dokter nya mas. Krn reaksi tiap pasien pasti beda2 ya

      Hapus
    2. pak andi, boleh saya tahu bagaimana kondisi adik pak andi. Suami saya juga menjalani gamma knife pada april 2016. Dan selepas setahun, die mengalami kejang dan sudah tiga kali kejang dalam tahun ini. Harap pak andi boleh berkongsi kerana saya dari malaysia. Sukar mencari info berkaitan pasein yg menjalani gamma knife di malaysia. Terima kasih sangat.

      Hapus
  19. Pak andi prastowo bisa no hp nya biar kita bisa share pengalaman
    Ibu fera tetap sehat2 ya bu...
    Istri saya sdh gk bln April lalu dan efek nya cukup luar biasa juga, spt mual, muntah dll

    BalasHapus
  20. Ibu fera, saya ada add Facebook ibu, jika berkenan mohon di konfirm
    Terima kasih ya bu..

    BalasHapus
  21. Mba vera
    Saya Ahdiyat

    Istri sy kamis 9 Nov 2017 malam dibawa ke UGD BMC Bogor, krn siangnya kaki kanan berat, tangan berat, sakit kpla yg sangat, mual, saat periksa tensi darah tinggi 180, kolesterol tinggi (lpa angkanya), gula tinggi 290, di CT Scan : hasil ada kecurigaan tumor otak, di BMC Bogor diberi obat pnurun gula, infus, pd Senin 13 Nov 2017 di MRI di RS.Premier Jatinegara , hasil : Tumor Itak, dr syaraf BMC Bogor mnyarankan biopsi utk mnentukan ganas dan tdknya, namun analisanya "ganas" dari bentuknya sperti 5 jari, djelaskan resiko2 yg mfk terjadi negatifnya pasca pengangkatan dg operaai. Saya sedih dan bingung.

    Sy cari google, apk ada pngobatan tanpa operasi, ternyata ktemu Info ttg Gamma Knife RS Siloam, sy sdh daftar utk konsul ke RS Siloam pd jumat sore pkl.16.00 tgl 17 Nov 2017, smbtara istri sy msh dirawat di RS BMC Bogor, utk mnurunkan diabetesnya dg cara suntik insulin setiap hari (sehari klw gk salah 2-3 kali suntik di perut), kadar gula msih skitar 225 -240.

    Ukuran Tumor sy blum tahu, nnti akn sy tanyakan hasil MRI nya.

    Pertanyaannya ke mba vera (mgk tahu saat konsul dg dr nya), apk mesti dilakukan biopsi utk semua ukuran tumornya?, sy pngennya gk ada, pngen lgsg Gamma Knife aja.

    Biayanya info dari Gamma Knife Center Indonesia ( Bpk Vincen) :
    - paket 1 : 162 jutaa an (1 x pnyinaran), utk ukuran dibawah 4 cm tumornya
    - paket 2 : 262 jutaan ( 2 sd 5 x penyinaran), utk 4 cm ke atas.

    Terima kasih mba vera dan semuanya.

    Pasien / Istri saya :
    Usia : 46 tahun, 4 bulan.

    Salam
    Ahdiyat
    Achdiyat.adi@gmail.com

    BalasHapus
  22. Salam kenal mba.. Hanya ingin sharing..

    Ibu sya meningoma di saraf tulang belakang lumban 3 dan 4 sudah operasi 2x .. Masih ada sisa yg tdk bisa diambil kerana sudah melekat di syaraf sehingga lumpuh dari dada sampai kaki..
    Dan dokter menganjurkan untuk gama knife..

    Saya akan mencoba konfirmasi untuk asuransi nya dahulu baru mungkin akan melakukan tindakan gama knife..

    Terimakasih atas blog ini mba sangat membantu dari sharing" ini..

    Selalu semangat dan sehat selalu mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mbak riska

      semoga ibunya segera pulih ya....

      Aamiin. sehat juga buat mbak sekeluarga

      Hapus
    2. salam kenal juga mbak riska

      semoga ibunya segera pulih ya....

      Aamiin. sehat juga buat mbak sekeluarga

      Hapus
  23. Balasan
    1. Grup tentang gamma knife?

      Sy kurang taau mbak. Sy g ikutan

      Hapus
  24. Gimana bu fera keadaanya? Sudah melakukan kontrol lagi dan bagaimana hasilnya? Ada progres yang lebih baik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik bu.
      september kmarin sy udh kontrol.

      iya bu lebih baik. krn meningioma sy tinggql tersisa 0.2cc dari ukuran awal 1.2cc

      Hapus
  25. Bu fera pakai GK pakai asuransi apa kalau boleh tau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy lupa pake asuransi apa.

      klo g salah sy pake rxxiance

      Hapus
  26. Selamat Pagi, perkenalkan saya danang perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
    1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
    2. informasi fasilitas & kesehatan
    3. Appoitment dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi dengan Company Rate kami
    4. Second opinion langsung dari Dokter kami.
    5. Claim Asuransi
    Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami….
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 – Indonesia.
    031-5020588
    WA : +6281 331777697
    Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
    http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  27. Mbak fera ada nomor wa gk utk tanya tanya seputar gamma knife

    BalasHapus
  28. Salam kenal mbk Fera,
    Mhn no WA utk tanya ttg GK, adik sy didiagnosa tumor otak, trimksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh mbak ita,

      mbak kirim email ke f3radewi@gmail.com nanti kita tukeran no wa ya

      Hapus
  29. Assalamualaikum, mba Fera. salam kenal ya. saya tahun lalu sudah menjalani operasi di RSCM kencana. dan hasil PA nya saya kena tomur otak/meningoma. dan dokter sarankan saya melakukan sinar Gamma Knife untk mematikan akar tumor.setelah membaca pengalaman mba Fera sdh melakukan sinar GN, makin bertambah keyakinan saya untk melakukan hal yg sama. Bismillah, mohon doanya agar penyinaran GN yg akan saya lakukan hari jumat tgl
    20 Juli 2018 berjalan lancar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalaam.

      Semoga GK nya lancar ya mbak.


      Meningioma segera hilang. Aamiin

      Hapus
  30. Assalamualaikum Fera. Nama saya Nona dari Banda Aceh. Keluarga kami masih 'shock' setelah dokter menemukan Meningioma pada ibu kami. Lokasi GK yg terdekat adalah Malaysia. Tapi Ibu punya Askes, jadi mungkin lebih baik di Jakarta saja. Boleh minta no HP pegawai di Siloam hospital yg mengerti tentang total biaya dan apa saja yg dibayar Askes? Terimakasih atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalaam Nona

      Wah Sy kurang Tau masalah pembiayaan askes disana

      Coba langsung telpon ke 021-25668000

      Semoga bisa dapet info yg pas ya nona

      Hapus
    2. Sy orang Malaysia. Suami sy juga meningioma. Diagnos 2015 dan GK pada 2016. Buat di Hospital Gleanengles.. kini, rasanya ada sebuah lg hospital boleh lakukan GK. Kosmya hampir sama sahaja di indonesia. Sebab sy ada berhubung dgn rakan di indonesia yg operasi GK di sana. Kalau tukaran duitnya lbh kurang sama sahaja. Harap membantu.. semoga sembuh juga ya ibh mba...

      Hapus
  31. Salam kenal Mba Fera dan teman teman disini.
    Saya pernah double vision/penglihatan ganda, setelah di cek di diagnosis schwannoma.
    2015 Kepala saya dibedah, tumor tak terangkat semua tapi penglihatan kembali normal.
    2019 cek lagi ternyata schwannoma tumbuh kembali lalu saya jalani gamma knife. Saat menjalani gamma knife fungsi tubuh dan mata semua normal. Tapi 1 minggu setelah gamma knife, mata saya double vision kembali, lalu klopak mata kanan turun (ptosis). Saya tidak tahu kenapa.

    Saya membutuhkan sharing teman teman disini, apakah ada mengalami pengalaman serupa? Atau adakah grup wa atau grub fb berbagi pengalaman bagi pasien tumor otak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba kirim no wa ke f3radewi@gmail.com

      kyknya ada temen yg kena schwanoma deh

      Hapus
  32. Sedikit sharing kebetulan ayah saya sudah operasi dan tidak terangkat sepenuhnya lalu dilakukan kembali gamma knife tetapi 2 tahun kemudian tumor meningioma membesar dan menekan otak ayah saya kembali, akhirnya dilakukan operasi kedua di singapore dan dilakukan penyinaran yang disebut stereotatic radiation, kondisi sudah hampir bersih dan skrg dalam masa pemulihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhandulillaah. Semoga semakin baik kondisinya

      Operasi yg Di singapura kapan?

      Hapus
  33. Awal april kemaren dilakukan kraniotomi ke dua di singapura
    Amien amien

    BalasHapus
  34. Assalamu'alaikum wr.wb
    Mba fera saya mau tanya bagaimana keadaan mba fera saat ini setelah 6tahun operasi GK. Apa boleh tau selain rs siloam karawanci dan RSCM yang ada GK di mana lagi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikmsalaam, kondisi sy baik2 aja setau sy baru siloam dan rscm. Siapa yg mau GK?

      Hapus
  35. Salam kenal Mba Fera.. saya mau menanyakan apakah gamma knife bisa untuk medulloblastoma / ada benjolan di otak kecil sebelah kanan?
    setelah menjalani GK bberapa tahun, apakah mba masi meraskn sakit kepala atau pusing" sampai sekarang? Seberapa sering?
    Setelah menjalani GK hasilnya baru dapat dilihat beberapa bulan ke depan yah mba??

    Terima kasih mohon pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak.
      Wah, sy kurang tau bisa atau nggak nya mbak, krn harus ditanyakan langsung ke dokternya.

      Untuk masalah pusing, kadang2 masih. Biasanya Karena capek Aja.

      Tumor sy meningioma, setrlah setahun pasca GK sy baru kontrol, dan meningiomanya mengecil,

      Terimakasih mbak

      Hapus
    2. Teman teman yang dicintai Allah,
      Yang kena meduloblastoma ukuran 3cm apakah gamma knife bisa ilang dan sembuh? Trims info

      Hapus
    3. mas sabrawi.
      sebaiknya coba dikonsultasikan dulu dgn dokter nya.

      setelah konsultasi mungkin ada opsi yg bisa dipilih.


      ssmoga segera pulih.

      btw, siapa yg kena meduloblastoma?

      Hapus
  36. Assalamualaikum mba, boleh saya berkirim email ke mba utk tnya soal meningioma ?
    terima kasih

    BalasHapus
  37. Mba Fera
    Medulo blastoma 3cm apakah bisa disembuhkan dengan gamma knife sekali tembak ya?

    BalasHapus
  38. Saya merasa harap harap cemas, sementara ini dokter bedah daerah menyarankan bedah konvesional dan kemudian di radioterapi. Cemasnya anak saya usia 9 tahun apakah kuat dengan radiasi beberapa kali tentunya.
    Apakah dengan konvensional tersebut ,sudah ada yang berhasil dan sembuh total .. normalnya orang.

    Trims mba Fera dan teman teman yang mau berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas sabrawi, udh coba konsultasi dgn dokter masalah ini? coba konsultasi dulu aja mas. semoga bisa dan cukup hanya sekali.

      posisi mas sabrawi dimana skr? coba sy cari dulu nomor telpon nya. siapa tau bisa tanya2 dulu

      Hapus